Kamis, 08 November 2012

Tugas Pemodelan Proses Bisnis-1 (TSR 1)



Pemodelan Proses Bisnis
Studi Kasus Pada PT. Widya Bhakti Inti
(Poliklinik Widya Bhakti Inti) Dengan Menggunakan Tools BMPN (Business Management Process Notation)




Disusun oleh:

Utari Wijayati                    6110111027
Agil Ichsan P. S                6110111011
Akhmad Ramanda H. P  6110111013
Candra Gunawan            6110111015





 








PROGRAM PASCASARJANA
FAKULTAS MAGISTER MANAJEMEN
UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA
BANDUNG
2012




Kata Pengantar


Dalam melakukan analisis dan desain informasi dibutuhkan tools biasanya berupa tabel, daftar, skema atau gambar yang digunakan untuk memetakan sistem maupun ide dari perancang. Kemudian tools tersebut digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan perbaikan juga untuk berkomunikasi antar user dengan spesialis serta mendokumentasikan kegiatan yang telah dilakukan. Dalam makalah ini tools yang digunakan yaitu Flowchart System yang digunakan untuk menggambarkan aliran prosedur kerja dan dokumen dari suatu entitas ke entitas lain pada sistem secara keseluruhan.

Pokok bahasan makalah ini mengenai pemodelan proses bisnis pada perusahaan PT. Widya Bhakti Inti yang menyediakan fasilitas jasa yaitu Poliklinik Widya Bhakti Inti.

Besar harapan penulis, makalah ini dapat memberi sumbangan bagi pembaca. Kami menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran, serta masukan-masukan yang akan kami pergunakan untuk pengembangan makalah ini.













Profil Perusahaan


PT. Widya Bhakti Inti (PT. WBI) adalah anak perusahaan PT. INTI (persero) yang didirikan pada tanggal 15 Desember 2009 yang bertempat di Jl. Moch. Toha No. 77 Bandung. PT. Widya Bhakti Inti sendiri dibentuk untuk dapat dikelola secara mandiri, optimal dan profesional. Dalam bidang jasa pelayanan kesehatan, PT. WBI mengelola  Poliklinik yang bernama Poliklinik Widya Bhakti Inti. Seiring dengan kemajuan zaman saat ini Poliklinik Widya Bhakti Inti tetap berupaya menjadi Poliklinik yang selalu peduli akan kesehatan pasien, memberikan pelayanan yang terbaik dengan menyediakan fasilitas yang lengkap dan pelayanan prima bagi kesehatan pasien.

Visi Perusahaan
Poliklinik Widya Bhakti Inti  yang berfalsafah  ”Melayani Dengan Hati” memiliki visi menjadi penyedia jasa pelayanan kesehatan terpadu yang unggul dan terbaik dikelasnya.

Misi Perusahaan
Misi PT. Widya Bhaki Inti yaitu meningkatkan kualitas kesehatan keluarga besar PT. INTI serta masyarakat umum melalui layanan kesehatan, baik yang bersifat promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitasi.

Sesuai dengan misi perusahaan, PT. Widya Bhakti Inti akan mengerahkan segenap kemampuannya untuk meraih tujuan-tujuan yaitu:
1. Meningkatkan layanan kesehatan yang berkesinambungan bagi pelanggan.
2. Memberikan laba atau keuntungan bagi pemegang saham.
3. Mensejahterakan karyawan.
4. Berkontribusi bagi pendapatan negara melalui pajak.
5. Membuka lapangan pekerjaan.




Adapun pelayanan kesehatan dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu:
a.    Tingkat pertama yang terdiri dari pelayanan dokter umum, pelayanan dokter gigi, pelayanana keluarga berencana dan kesehatan ibu dan anak, laboratorium, fisioterapi.
b.    Tingkat kedua yaitu pelayanan kesehatan yang memerlukan tingkat rujukan lanjut ke dokter spesialis atau rumah sakit.

Adapun layanan kesehatan pada tingkat pertama yang ditawarkan diantaranya:
1.     Poliklinik Umum
Poliklinik umum memberikan pelayanan kesehatan kepada karyawan/ti, pensiunan INTI, masyarakat umum, serta karyawan/ti perusahaan mitra. Pelayanan yang dapat diberikan berupa pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter – dokter umum yang berpengalaman dan telah mendapat pelatihan. Selain itu, pelayanan juga dapat berupa konsultasi kesehatan.
2.     Poliklinik Gigi
Pelayanan yang ditawarkan pada poliklinik gigi dan mulut diantaranya:
-          Pemeriksaan gigi dan mulut dilayani oleh dokter gigi yang berpengalaman,
-          Konsultasi kesehatan gigi dan mulut,
-          Perawatan gigi.
3.     Poliklinik Kesehatan Ibu & Anak (KBKIA)
Poliklinik KBKIA memberikan pelayanan kesehatan dan memberikan informasi kesehatan untuk ibu dan anak yang berupa:
-          Konsultasi pra nikah,
-          Pemeriksaan ibu hamil,
-          Imunisasi Ibu, anak, dan dewasa,
-          Pelayanan keluarga berencana.
4.     Laboratorium
Laboratorium merupakan bagian dari pelayanan kesehatan yang berfungsi sebagai penunjang medis diagnostik.
Pemeriksaan laboratorium mencakup :
-          Tes hematologi,
-          Tes Urine,
-          Tes Faeces,
-          Tes Kimia Darah.
5.     Fisioterapi
Fisioterapi merupakan salah satu bidang pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat dalam mencegah, intervensi, dan pemulihan gangguan gerak fungsional melalui proses fisioterapi. Pelayanan yang diberikan berupa:
-          Short/Microwave Diathermy,
-          Ultra Sound Teraphy,
-          Electrical Stimulation,
-          Faradisasi/Galvanicasi,
-          Tens.
6.     Apotek “Widya Farma”
Apotek widya farma memberikan fasilitas pelayanan kebutuhan obat dan pengadaan obat untuk mendukung kegiatan pelayanan kesehatan pasien. Pelayanan yang diberikan berupa :
-          Fasilitas obat yang lengkap dan harga yang terjangkau,
-          Konseling obat,
-          Terima pelayanan antar jemput resep.

Fasilitas yang diberikan sebagai pelayanan penunjang diantaranya:
1.     Ruang Tunggu
Ruang tunggu dilengkapi dengan fasilitas STVT dan sarana baca memberikan kenyamanan pasien pada saat menunggu.

2.     Ruang Pemeriksaan
Ruang pemeriksaan dilengkapi dengan AC yang memberikan kenyamanan pada saat pemeriksaan.

3.   Tempat Parkir
Sarana tempat parkir yang luas dan lokasi poliklinik yang strategis.

4.    Jadwal Praktek Poliklinik
            Senin – Jum’at         : 06.30 – 21.30 WIB
            Sabtu                         : 08.00 – 16.00 WIB
            Minggu                      : Libur



Proses Bisnis Yang Terjadi Di Poliklinik Widya Bhakti Inti


Berikut adalah simbol-simbol yang digunakan dalam membuat Flowchart System:













Flowchart Sistem & Prosedur Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan

Gambar Flowchart sistem dan prosedur pelayanan pemeriksaan pada Poliklinik Widya Bhakti Inti.
Kesimpulan


Dari yang telah dijelaskan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa informasi adalah data yang telah diproses ke dalam suatu format yang berarti bagi penerimanya dan bernilai untuk dalam tindakan atau keputusan saat ini atau dimasa yang akan datang. Tujuan dari pemodelan proses bisnis yaitu memberikan gambaran yang mudah dipahami oleh orang awam karena berbasis flowchart dan menyediakan suatu notasi standar yang mudah dipahami oleh semua pemangku kepentingan bisnis. Pemodelan proses bisnis juga dapat memberikan gambaran porses yang berjalan sehingga dapat dilakukan evaluasi terhadap efisiensi dan efektifitas dari proses yang sedang berjalan.


1 komentar:

  1. Harrahs Las Vegas Harrahs Hotel & Casino sbobet ทางเข้า sbobet ทางเข้า 다파벳 다파벳 메리트 카지노 주소 메리트 카지노 주소 864310 point spread betting site reviews & bonuses - Lacbet.com

    BalasHapus