Pemodelan
Proses Bisnis
Studi
Kasus Pada PT. Widya Bhakti Inti
(Poliklinik
Widya Bhakti Inti) Dengan Menggunakan Tools BMPN (Business Management Process
Notation)
Disusun oleh:
Utari Wijayati 6110111027
Agil Ichsan P. S 6110111011
Akhmad Ramanda H. P 6110111013
Candra Gunawan 6110111015
PROGRAM
PASCASARJANA
FAKULTAS
MAGISTER MANAJEMEN
UNIVERSITAS
KOMPUTER INDONESIA
BANDUNG
2012
Kata
Pengantar
Dalam melakukan analisis dan desain
informasi dibutuhkan tools biasanya berupa tabel, daftar, skema atau gambar
yang digunakan untuk memetakan sistem maupun ide dari perancang. Kemudian tools
tersebut digunakan untuk mengidentifikasi masalah dan perbaikan juga untuk
berkomunikasi antar user dengan spesialis serta mendokumentasikan kegiatan yang
telah dilakukan. Dalam makalah ini tools yang digunakan yaitu Flowchart System
yang digunakan untuk menggambarkan aliran prosedur kerja dan dokumen dari suatu
entitas ke entitas lain pada sistem secara keseluruhan.
Pokok bahasan makalah ini mengenai
pemodelan proses bisnis pada perusahaan PT. Widya Bhakti Inti yang menyediakan
fasilitas jasa yaitu Poliklinik Widya Bhakti Inti.
Besar harapan penulis, makalah ini dapat
memberi sumbangan bagi pembaca. Kami menyadari makalah ini masih jauh dari
sempurna. Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran, serta masukan-masukan
yang akan kami pergunakan untuk pengembangan makalah ini.
Profil
Perusahaan
PT. Widya Bhakti
Inti (PT. WBI) adalah anak perusahaan PT. INTI
(persero) yang didirikan pada tanggal 15 Desember 2009 yang bertempat di Jl. Moch. Toha No. 77 Bandung. PT.
Widya Bhakti Inti sendiri dibentuk untuk dapat dikelola secara mandiri, optimal
dan profesional. Dalam bidang jasa
pelayanan kesehatan, PT. WBI mengelola Poliklinik yang bernama Poliklinik Widya Bhakti Inti. Seiring dengan kemajuan
zaman saat ini Poliklinik Widya Bhakti Inti tetap berupaya menjadi Poliklinik
yang selalu peduli akan kesehatan pasien, memberikan pelayanan yang terbaik
dengan menyediakan fasilitas yang lengkap dan pelayanan prima bagi kesehatan
pasien.
Visi Perusahaan
Poliklinik Widya
Bhakti Inti yang berfalsafah ”Melayani
Dengan Hati” memiliki visi menjadi penyedia jasa pelayanan kesehatan
terpadu yang unggul dan terbaik
dikelasnya.
Misi Perusahaan
Misi PT. Widya
Bhaki Inti yaitu meningkatkan kualitas kesehatan keluarga besar PT. INTI serta
masyarakat umum melalui layanan kesehatan, baik yang bersifat promotif,
preventif, kuratif maupun rehabilitasi.
Sesuai dengan misi
perusahaan, PT. Widya Bhakti Inti akan mengerahkan segenap kemampuannya untuk
meraih tujuan-tujuan yaitu:
1. Meningkatkan
layanan kesehatan yang berkesinambungan bagi pelanggan.
2. Memberikan laba atau keuntungan bagi pemegang saham.
2. Memberikan laba atau keuntungan bagi pemegang saham.
3. Mensejahterakan
karyawan.
4. Berkontribusi
bagi pendapatan negara melalui pajak.
5. Membuka lapangan
pekerjaan.
Adapun pelayanan
kesehatan dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu:
a. Tingkat pertama yang terdiri dari pelayanan dokter umum,
pelayanan dokter gigi, pelayanana keluarga berencana dan kesehatan ibu dan
anak, laboratorium, fisioterapi.
b. Tingkat kedua yaitu pelayanan kesehatan yang memerlukan
tingkat rujukan lanjut ke dokter spesialis atau rumah sakit.
Adapun layanan
kesehatan pada tingkat pertama yang ditawarkan diantaranya:
1.
Poliklinik Umum
Poliklinik umum
memberikan pelayanan kesehatan kepada karyawan/ti, pensiunan INTI, masyarakat
umum, serta karyawan/ti perusahaan mitra. Pelayanan yang dapat diberikan berupa
pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter – dokter umum yang
berpengalaman dan telah mendapat pelatihan. Selain itu, pelayanan juga dapat
berupa konsultasi kesehatan.
2.
Poliklinik Gigi
Pelayanan yang
ditawarkan pada poliklinik gigi dan mulut diantaranya:
-
Pemeriksaan
gigi dan mulut dilayani oleh dokter gigi yang berpengalaman,
-
Konsultasi
kesehatan gigi dan mulut,
-
Perawatan
gigi.
3.
Poliklinik Kesehatan Ibu & Anak (KBKIA)
Poliklinik KBKIA
memberikan pelayanan kesehatan dan memberikan informasi kesehatan untuk ibu dan
anak yang berupa:
-
Konsultasi
pra nikah,
-
Pemeriksaan
ibu hamil,
-
Imunisasi
Ibu, anak, dan dewasa,
-
Pelayanan
keluarga berencana.
4. Laboratorium
Laboratorium
merupakan bagian dari pelayanan kesehatan yang berfungsi sebagai penunjang
medis diagnostik.
Pemeriksaan
laboratorium mencakup :
-
Tes
hematologi,
-
Tes
Urine,
-
Tes
Faeces,
-
Tes
Kimia Darah.
5. Fisioterapi
Fisioterapi
merupakan salah satu bidang pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat
dalam mencegah, intervensi, dan pemulihan gangguan gerak fungsional melalui
proses fisioterapi. Pelayanan yang diberikan berupa:
-
Short/Microwave
Diathermy,
-
Ultra
Sound Teraphy,
-
Electrical
Stimulation,
-
Faradisasi/Galvanicasi,
-
Tens.
6. Apotek
“Widya Farma”
Apotek widya farma
memberikan fasilitas pelayanan kebutuhan obat dan pengadaan obat untuk
mendukung kegiatan pelayanan kesehatan pasien. Pelayanan yang diberikan berupa
:
-
Fasilitas
obat yang lengkap dan harga yang terjangkau,
-
Konseling
obat,
-
Terima
pelayanan antar jemput resep.
Fasilitas yang diberikan
sebagai pelayanan penunjang diantaranya:
1. Ruang Tunggu
Ruang tunggu
dilengkapi dengan fasilitas STVT dan sarana baca memberikan kenyamanan pasien
pada saat menunggu.
2. Ruang Pemeriksaan
Ruang pemeriksaan
dilengkapi dengan AC yang memberikan kenyamanan pada saat pemeriksaan.
3. Tempat Parkir
Sarana tempat
parkir yang luas dan lokasi poliklinik yang strategis.
4. Jadwal Praktek Poliklinik
Senin – Jum’at : 06.30 – 21.30 WIB
Sabtu : 08.00 – 16.00 WIB
Minggu : Libur
Proses
Bisnis Yang Terjadi Di Poliklinik Widya Bhakti Inti
Berikut adalah simbol-simbol yang
digunakan dalam membuat Flowchart System:
Flowchart
Sistem & Prosedur Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan
Kesimpulan
Dari yang telah dijelaskan diatas maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa informasi adalah data yang telah diproses ke dalam
suatu format yang berarti bagi penerimanya dan bernilai untuk dalam tindakan
atau keputusan saat ini atau dimasa yang akan datang. Tujuan dari pemodelan
proses bisnis yaitu memberikan gambaran yang mudah dipahami oleh orang awam
karena berbasis flowchart dan menyediakan suatu notasi standar yang mudah
dipahami oleh semua pemangku kepentingan bisnis. Pemodelan proses bisnis juga dapat
memberikan gambaran porses yang berjalan sehingga dapat dilakukan evaluasi
terhadap efisiensi dan efektifitas dari proses yang sedang berjalan.
Harrahs Las Vegas Harrahs Hotel & Casino sbobet ทางเข้า sbobet ทางเข้า 다파벳 다파벳 메리트 카지노 주소 메리트 카지노 주소 864310 point spread betting site reviews & bonuses - Lacbet.com
BalasHapus